10 Mei 2014

Kue Macaron

Kue macaron merupakan kue bercita rasa barat yang baru populer di Indonesia. Kue macaron (/ mɑ ː kɑ ː rɔ ː n / mah-kah-ron) adalah sejenis kudapan manis berbahan dasar "meringue" dibuat dengan telur, gula, gula pasir, bubuk almond, dan pewarna makanan. Kue macaron ini juga disebut Luxemburgerli. Kue macaron ini biasanya diisi dengan "ganache", krim mentega atau selai yang dijepit di antara dua keping biskuit macaron.

Nama kue macaron berasal dari kata Italia "ammacare", yang berarti "garing".

Ada lagi kue barat yang namanya mirip dengan macaron, dengan ejaan "macaroon" (dua huruf "o"). Macaron dan macaroon merupakan nama dua kue yang berbeda meskipun mempunyai asal kata yang sama, yakni "amacare". Macaroon merupakan sejenis kue kering kecil yang dipanggang dan terbuat dari putih telur, almond, kelapa atau kacang. Kue macaroon berasal dan lebih populer di Amerika Serikat, sedangkan kue macaron berasal dari Italia dan populer serta berkembang di Perancis.

Kue macaron memiliki tekstur yang renyah di luar, tetapi lembut dan "chewy" (kenyal) di dalam. Begitu dimakan, kue ini langsung lumer di mulut. Kue macaron cocok sebagai kudapan dan hadiah yang manis. Penampilan yang mungil dan tersedia dalam aneka warna menjadi pesona utama kue ini yang bisa membuat gemas siapa pun yang melihatnya dan ingin mencicipinya. Di restoran Perancis terkenal di seluruh dunia, kue macaron menjadi salah satu elemen penyajian "petit fours" sebagai bagian dari "fine dining". Kue macaron tersedia dalam aneka rasa antara lain vanila, kopi, kelapa, almond, dan teh hijau.


BAHAN :
3 putih telur
2 sdm gula kastor atau "caster sugar"
200 gr gula icing atau "icing sugar"
120 gr tepung almond atau "almond meal"
2 sdm "icing sugar" untuk taburan
Pewarna makanan sesuai selera

BAHAN OLESAN ATAU ISIAN ("GANACHE") :
100 gr cokelat putih, dipotong-potong
2 sdm krim kental atau "heavy cream"
1/2 sdt vanila bubuk

CARA MEMBUAT BAHAN OLESAN ("GANACHE"):
1. Masak cokelat putih yang sudah dipotong-potong bersama krim kental di dalam panci di atas api kecil. Aduk-aduk hingga adonan tercampur dan halus.
2. Letakkan adonan "ganache" ke dalam mangkuk dan tunggu hingga dingin dan kental sehingga bisa dioles.

CARA MEMBUAT :
1. Siapkan loyang yang sudah diberi olesan mentega tipis, tutup dengan kertas roti dan sisihkan.
2. Kocok putih telur dengan mixer berkecepatan tinggi hingga lembut berjejak. Tambahkan gula kastor dan kocok terus hingga gula dan putih telur tercampur rata dan larut.
3. Tambahkan "icing sugar" dan tepung almond dalam adonan tersebut, lalu aduk rata dengan spatula.
4. Pindahkan adonan ke dalam mangkuk yang lebih kecil. Dan, jika ingin membuat macaroon dalam beberapa warna, bagi adonan dalam mangkok yang berbeda lalu beri pewarna pada masing-masing mangkok dan aduk hingga rata.
5. Masukkan adonan dalam kantong kue berbentuk segitiga, lubangi ujungnya. Semprotkan adonan di atas loyang dengan bentuk bulatan-bulatan yang sama. Beri jarak sekitar 2 cm di antara setiap bulatan adonan.
6. Taburi adonan yang sudah dicetak dengan "icing sugar" dan diamkan sekitar 15-20 menit.
7. Panggang adonan dalam oven dengan suhu 150 derajat Celcius selama kurang lebih 20 menit atau hingga matang.
8. Setelah matang, angkat dan dinginkan macaron. Oleskan satu bagian macaron dengan bahan olesan ("ganache") lalu tutup dengan keping macaroon berwarna sama. Kue macaron siap disajikan.
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !