05 Juli 2014

Kue Ananas Bollen

Mungkin kue dengan nama "ananas bollen" ini terdengar asing di telinga kita karena memang jarang mendengarnya. Nama kue yang berbau bahasa Belanda ini sebenarnya adalah nama lain dari kue nastar, salah satu kue kering yang paling populer di Indonesia. Nama "nastar" itu sendiri merupakan nama kue yang diambil dan disingkat dari kata "ananas taartjes", yakni nama sejenis kue dalam bahasa Belanda, yang secara harafiah kurang lebih berarti "kue nenas", karena menggunakan selai nenas sebagai bahan isi kuenya.

Sedangkan "ananas bollen" jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia kurang lebih berarti "bola-bola nenas", sesuai bentuk kuenya yang bulat kecil dan berisi selai nenas. Agar tampil lebih cantik dan menarik, beberapa jenis kue nastar diberi "aksesoris" berupa potongan kecil cengkeh atau keju. Kue nastar merupakan salah satu kue kering yang paling sering disajikan pada saat perayaan hari besar keagamaan seperti hari raya Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru Imlek.


BAHAN :
250 gr tepung terigu
150 gr mentega
75 gr gula tepung
1 butir telur ayam
1 kuning telur, untuk mengoles
Selai nenas kental secukupnya

CARA MEMBUAT :
1. Campur semua bahan, kecuali selai nenas dan kuning telur. Aduk-aduk sampai menjadi adonan yang dapat dipulung.
2. Pulungi adonan sebesar kemiri. Isi dengan sebutir selai nenas, lalu bulatkan. Olesi dengan kuning telur. Lakukan sampai adonan habis.
3. Letakkan di atas loyang yang sudah diolesi mentega. Panggang sampai kuning atau matang.
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !