20 Desember 2013

Kue Kering Putri Salju

Kue kering putri salju telah menjadi salah satu kue kering bercita rasa barat yang favorit dan populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sesuai namanya, ciri khas kue putri salju ini yang dalam bahasa Inggrisnya dinamakan "snow cookies" adalah adanya lapisan "salju putih" yang seolah-olah menyelimuti kue ini, yang berasal dari taburan gula tepung/gula halus. Jika disantap, ada sensasi rasa dingin seperti salju begitu kuenya menyentuh lidah. Kue kering putri salju ini sering menjadi salah satu pilihan utama kue kering yang disajikan dalam momen-momen hari raya seperti Idul Fitri, Natal, Tahun Baru dan Tahun Baru Imlek.

Menyambut Hari Raya Natal 2013 dan Tahun Baru 2014 yang akan tiba sebentar lagi, kue kering putri salju bisa menjadi salah satu pilihan kue kering yang akan disuguhkan kepada para tamu yang berkunjung. Terasa pas sekali dengan momen Hari Natal yang biasanya dihiasi dengan alam bersalju di negara Barat sana.

Kue kering putri salju memang banyak dijual di pasar-pasar tradisional dan modern, tapi tidak ada salahnya sesekali mencoba membuatnya sendiri bila tersedia cukup waktu luang. Ada rasa kebanggaan dan kegembiraan khusus bila membuatnya sendiri, apalagi jika melibatkan anggota keluarga lainnya. Silakan simak resep kue kering putri salju berikut ini.


BAHAN :
75 gr margarin
75 gr mentega
50 gr gula halus
1 btr kuning telur
100 gr kacang mete halus
175 gr tepung terigu
20 gr tepung maizena
20 gr susu bubuk

BAHAN TABURAN : (CAMPUR RATA)
50 gr gula halus/gula tepung
20 gr susu bubuk

CARA MEMBUAT :
1. Kocok margarin, mentega, dan gula halus dengan mixer hingga rata.
2. Masukkan kuning telur, kocok rata. Masukkan kacang mete halus, aduk rata.
3. Tambahkan campuran tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk, sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai merata.
4. Bentuk kue sesuai selera (biasanya berbentuk seperti bulan sabit atau lonjong), letakkan di atas loyang yang sudah diolesi margarin.
5. Panggang dalam oven dengan suhu 160 derajat Celsius selama 15 menit atau sampai kue matang.
6. Angkat, dinginkan. Gulingkan kue ke dalam bahan taburan.

Untuk : 500 gram

Tips : Jika adonan terlalu lembek, sebaiknya jangan menambahkan tepung. Lebih baik simpan adonan terlebih dahulu dalam kulkas, setelah agak beku, baru adonan siap dibentuk.
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !