12 Desember 2013

Kue Sus Vla Susu Vanila

Kue sus adalah kue bercita rasa barat yang sudah lazim dikenal dalam masyarakat Indonesia. Kue ini dalam bahasa Belandanya ditulis "soes" adalah kue berbentuk bundar dengan rongga berisi fla (vla), custard, atau daging.

Supaya tahan lebih lama, kue sus dengan isi vla atau custard yang tidak habis dikonsumsi setelah dibuat bisa disajikan kembali setelah didinginkan dalam lemari es, karena vla atau custard yang berbahan baku susu mudah menjadi basi.

Sementara dalam bahasa Perancis, kue sus dinamakan "choux à la crème". Bentuk kue yang bundar seperti kubis menjadikan kue ini disebut "choux" yang berarti kubis/kol dalam bahasa Perancis.


BAHAN ADONAN SUS :
125 gr tepung terigu protein sedang
3 butir telur
100 gr margarin
1/2 sdt garam
200 ml air

BAHAN VLA SUSU VANILA :
75 gr tepung maizena
2 buah kuning telur
500 ml susu cair
100 gr gula pasir
1/2 sdt pasta vanila

CARA MEMBUAT :
1. Masak margarin, air, dan garam sampai mendidih. Tambahkan tepung terigu, aduk rata. Kecilkan api. Aduk-aduk lagi hingga adonan kalis. Angkat, biarkan hangat.
2. Masukkan telur satu per satu secara pelan-pelan sambil dikocok sampai rata.
3. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang sudah diberi spuit. Semprot di atas loyang yang sudah diberi olesan margarin.
4. Panggang dalam oven yang bersuhu 200 derajat Celcius sampai matang selama kurang lebih 25 menit.
5. Untuk Bahan Vla Susu Vanila : Masak susu cair, gula pasir, pasta vanila dan tepung maizena sambil aduk-aduk hingga meletup-letup. Matikan api. Masukan kuning telur, aduk-aduk rata dan cepat. Nyalakan api kembali, aduk hingga meletup-letup lagi. Biarkan hangat. Sisihkan.
6. Belah sus di tengahnya, kemudian beri isi dengan semprotan vla susu vanila.

Untuk : 12 buah.
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !