15 Februari 2019

Keik Tepung Sukun Isi Kismis

Dalam bahasa Inggris, buah sukun disebut "bread fruit" yang secara harfiah berarti "buah roti", karena buah sukun segar jika dikukus rasanya seperti roti. Jika sedang musim, sukun biasanya membanjir di pasaran dengan harga murah. Sayangnya, sukun tidak dapat disimpan lama. Dengan dijadikan tepung, sukun dapat dimanfaatkan kapan saja dan lebih tahan lama disimpan sehingga jika tidak akan mubazir terbuang jika sedang musim. Tepung sukun perlu diolah menjadi hidangan agar diminati masyarakat, sebagai makanan utama, baik dengan gaya tradisional maupun gaya modern barat.

Tepung sukun juga dapat dibuat menjadi makanan selingan, seperti pisang goreng tepung sukun, kue talam, nagasari, aneka keik, muffin, kue lumpur, dan kue pancong. Memang kita pada umumnya masih memanfaatkan tepung lain untuk membuat aneka kue yang sudah dikenal seleranya oleh masyarakat, tetapi setidaknya tepung sukun sudah dimanfaatkan bersama tepung yang sudah biasa dipakai sehingga keberadaan tepung lokal benar-benar dapat dimanfaatkan untuk penganekaragaman jenis pangan. Salah satu makanan selingan yang bisa dibuat dengan memanfaatkan tepung sukun adalah keik tepung sukun isi kismis, yang bergaya dan bercita rasa modern barat.


BAHAN:
100 gr margarin
150 gr gula pasir
8 butir telur ayam (pisahkan bagian putih dan kuning)
100 gr tepung sukun
100 gr tepung terigu
1/2 sdt vanili
1 sdt baking powder
50 gr kismis untuk isi
20 gr kismis untuk taburan

CARA MEMBUAT:
1. Kocok margarin bersama gula pasir dengan mixer hingga kental.
2. Masukkan kuning telur satu per satu sampai habis dan adonan kental, angkat mixer.
3. Campur tepung sukun bersama tepung terigu, vanili, kismis, dan baking powder, aduk hingga rata, masukkan ke dalam adonan yang telah di-mixer sebelumnya, aduk rata.
4. Kocok putih telur sampai kaku, masukkan ke dalam adonan keik, aduk rata.
5. Ambil cetakan loaf, olesi margarin secara merata, tuang adonan, beri taburan kismis di atasnya.
6. Panggang dalam oven sampai matang dengan panas medium (+/- 20 menit), angkat, dinginkan, keluarkan dari cetakan.
7. Hidangkan dengan dipotong-potong.

Untuk: 16 potong
1 porsi: 171 kalori
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !