05 Agustus 2013

Resep Dasar Adonan Donat

Donat, berasal dari kata Inggris "doughnut" atau "donut", merupakan jenis kue Barat yang digoreng, yang dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega.

Donat berasal dan dikembangkan dari negara Amerika Serikat. Versi lain mengatakan donat diperkenalkan dan dibawa masuk ke Amerika Utara oleh imigran dari Belanda.

Bentuk donat yang paling lazim dikenal adalah berbentuk gelang atau cincin dengan lubang di tengahnya dan berbentuk bundar tanpa lubang di tengahnya.

Donat senantiasa digemari oleh berbagai kalangan, tua dan muda. Bisa untuk bekal ke sekolah dan piknik, maupun untuk camilan di sore hari. Cara membuatnya pun praktis karena cukup dengan satu bahan dasar, donat dapat dikembangkan dalam berbagai variasi bentuk dan rasa.


BAHAN ADONAN DONAT :
300 gr tepung terigu protein tinggi
200 gr tepung terigu protein sedang
50 gr susu bubuk
50 gr margarin
50 gr gula halus
4 butir kuning telur
1 sdt garam
1 bungkus ragi instan
200 ml air
Minyak untuk menggoreng

CARA MEMBUAT :
1. Ayak tepung, gula halus dan susu bubuk. Tambahkan ragi instan. Masukkan margarin dan kuning telur sambil diuleni, tambahkan garam.
2. Tuangkan air dan uleni terus hingga kalis. Diamkan adonan selama 45 menit sampai adonan mengembang, kempiskan. Adonan donat kini siap digunakan untuk berbagai variasi bentuk dan rasa.
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !