29 Januari 2016

Eclair Cokelat Vla Buah

Eclair adalah sejenis kue barat yang berasal dari Perancis dan termasuk dalam kategori kue sus atau "choux pastry". Adonan dasar Eclair sama dengan adonan kue sus pada umumnya, sementara ciri khas eclair yang membedakannya dari kue sus adalah bentuknya yang memanjang.

Eclair dibuat dengan isian berupa aneka vla dan dicelupkan ke dalam cokelat masak. Kata "eclair" sendiri berasal dari bahasa Perancis "éclair" yang artinya "kilatan petir", dan dinamakan demikian karena kue ini dimakan dengan cepat (secepat kilat).


BAHAN :
125 ml air
70 gr mentega
60 gr tepung terigu
15 gr cokelat bubuk
1/2 sdm gula pasir
2 butir telur

BAHAN HIASAN :
Cokelat masak putih ("white cooking chocolate"), lelehkan

VLA BUAH :
250 ml susu cair
50 gr gula pasir
1 kuning telur
20 gr tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
Rum secukupnya
20 gr ceri merah, iris dadu kecil
20 gr ceri hijau, iris dadu kecil
20 gr kisimis

CARA MEMBUAT :
1. Didihkan air, mentega, dan gula pasir hingga mentega leleh dan mendidih, masukkan tepung terigu dan cokelat bubuk, aduk rata, angkat.
2. Setelah dingin, masukkan telur satu per satu, aduk rata. Masukkan adonan dalam kantung plastik segitiga yang diberi spuit bintang.
3. Siapkan loyang, oles dengan mentega, spuitkan adonan dengan panjang 4 cm. Susun semua hingga loyang penuh dan diberi jarak.
4. Panggang dalam oven hingga matang dan permukaan kering atau bagian dalam berongga.
5. Untuk Vla Buah : Didihkan susu cair dan gula pasir, aduk rata. Ambil 1/3 adonan, campur dengan kuning telur, aduk rata. Masukkan ke dalam adonan semula, masak hingga matang, angkat. Tambahkan rum, masukkan dalam kantong segitiga, sisihkan.
6. Iris bagian samping sus, jangan sampai putus, isi dengan vla. Taburi dengan ceri dan kismis. Hias atas sus dengan cokelat putih leleh.

Untuk : 15 buah
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !