05 Mei 2015

Stik Keju

Stik keju yang kita kenal di Indonesia merupakan kata yang diambil dan diterjemahkan dari bahasa Inggris, "cheese stick". Namun stik keju ala Indonesia berbeda dengan "cheese stick". Stik keju di Indonesia lebih mirip dengan kue bawang, sedangkan "cheese stick" di negeri Barat mengacu kepada "mozzarella cheese sticks" yakni potongan keju mozarela yang digoreng dalam balutan tepung roti.

Stik keju dengan rasanya yang gurih dan renyah ini biasanya dinikmati sebagai camilan di saat santai, tetapi banyak juga yang menjadikan stik keju ini sebagai salah satu kue kering untuk suguhan di momen hari raya seperti Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru Imlek.


BAHAN :
300 gr tepung terigu serba guna
200 gr tepung sagu
150 gr keju cheddar, parut
2 sdt garam
4 butir telur
30 gr mentega

CARA MEMBUAT :
1. Campur tepung terigu, tepung sagu, dan garam dalam mangkuk besar hingga rata.
2. Buat lubang di tengah tepung, masukkan telur, kemudian aduk dan uleni hingga menjadi butiran-butiran.
3. Masukkan keju parut, uleni hingga rata. Cairkan mentega, selagi panas siram mentega ke dalam adonan tepung. Aduk dan uleni hingga adonan kalis. Jika adonan masih pecah-pecah dan bertepung jangan kuatir, uleni terus saja hingga semua bahan tercampur dan adonan menjadi kalis.
4. Cetak adonan dengan menggunkan cetakan pasta karena lebih cepat. Atau jika tidak ada cetakan pasta, Anda juga bisa mengambil sedikit adonan kemudian menggilasnya dengan penggilas atau botol kemudian potong-potong memanjang.
5. Goreng stik keju dengan api kecil supaya kue matang sempurna dan hasilnya cantik. Angkat, dinginkan, dan masukkan ke dalam stoples kedap udara supaya tahan lama.
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !